Kadis P3AP2KB Provinsi NTT hadiri Perayaan Hari Anak Nasional ke-40 Tahun 2024

“Melangkah bersama anak-anak Nusa Tenggara Timur, bersatu membangun masa depan bangsa yang cerah, dengan membawa harapan dan kasih dalam setiap langkah, menciptakan anak sehat, cerdas dan berkarakter unggul. Inspirasi baru Perayaan Hari Anak Nasional Ke-40 Tahun 2024”

Anak-anak adalah aset berharga bangsa yang perlu dilindungi dan dibimbing dengan baik. Mereka adalah cerminan masa depan bangsa ini, dan kita memiliki tanggung jawab bersama untuk memberikan yang terbaik bagi mereka. Kualitas dan perlindungan yang optimal bagi anak-anak sangat menentukan kemajuan bangsa. Pemerintah dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, termasuk melalui program pencegahan stunting, peningkatan akses terhadap imunisasi, dan pengembangan pola hidup sehat. Selain itu, pendidikan berkualitas, pembentukan karakter yang tangguh juga menjadi fokus utama untuk menghasilkan generasi yang berintegritas dan kompeten, siap bersaing di era globalisasi.

Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini mengingatkan kita akan tantangan zaman modern seperti digitalisasi, yang mempengaruhi gaya hidup anak-anak. Melalui kolaborasi semua pihak, mari kita melindungi anak-anak agar dapat menghadapi tantangan ini dengan bijaksana. Perayaan ini bukan hanya momen untuk merayakan, tetapi juga untuk memperjuangkan hak-hak mereka dan memastikan mereka tumbuh menjadi generasi yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan serta cinta tanah air. Dengan mengembangkan potensi mereka, kita membantu membangun masa depan yang lebih baik untuk Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Timur.

Selamat Hari Anak Nasional, semoga anak-anak NTT benar-benar menjadi anak yang sehat, cerdas, berbudaya, mencerminkan identitas dan karakter dalam berbangsa dan bertanah air Indonesia”.

Demikian sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi NTT, Ruth Diana Laiskodat, S. Si., Spt., MM, dalam perayaan Hari Anak Nasional ke-40 Tahun 2024 di Provinsi NTT, yang dihadiri pula oleh Sofiana Milawati, SE, sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi NTT serta Lousje Marlinda Pellokila sebagai Bunda PAUD Kota Kupang, pada Selasa, 30 Juli 2024.

Hari Anak Nasional, yang diperingati setiap 23 Juli berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984, dan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2016, bertujuan untuk melindungi hak-hak anak di Indonesia. Meski masih ada kekerasan dan eksploitasi, pendidikan tetap penting untuk mengembangkan potensi anak. Hari ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hak-hak anak, sebagai generasi penerus bangsa yang krusial untuk masa depan negara.

Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PP-PAUD) Provinsi NTT menyelenggarakan kegiatan HAN ke-40 tahun 2024, dimulai pada tanggal 19 Juli 2024 sampai dengan puncak festival pada 30 Juli 2024, bertempat di Aula Utama El Tari dan Halaman Depan Gedung Sasando Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur. Adapun tema yang diangkat adalah dalam rangkaian perayaan tersebut adalah : Anak Sehat, Cerdas dan Berkarakter Menuju NTT Sejahtera.

Peserta seluruh Pelajar Pendidikan Anak Usia Dini Formal dan Non Formal Kota Kupang, Guru pendamping, serta anak-anak dari Sekolah Luar Biasa, sebanyak kurang lebih 1.500 (seribu lika ratus) orang. Diikuti oleh Kelompok Belajar (KB) sinar Kasih, KB Mawar Syaron Pasir Panjang, KB cahaya hati, KB Tunas Zaitun, Taman Kanak-Kanak Maranatha Oebufu, TK Adhiyaksa X, TK Santa Theresia Penfui, TK Sancta Familia Sikumana, Pendidikan Anak Usia Dini Elshadai, PAUD Banner Efata Liliba, PAUD Kober Eben Nunhila dan masih banyak lembaga pendidikan usia dini yang turut serta mengikuti parade ini. Parade ini sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan rasa percara diri anak, dan diharapkan terbentuknya pribadi berkarakter anak yang Cinta budaya NTT.

Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah: Lomba menyusun Menara Balok yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2024 dan diumumkan pemenang pada hari terakhir perayaan setelah Parade Cinta Budaya NTT, Edukasi cara mencuci tangan yang dibawakan oleh tim dari RSUD Prof. Dr. W Z Johannes Kupang dan Kampanye Gemar Makan Ikan dari dinas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lomba Menyusun Menara Balok, dimenangkan oleh juara 1 TK Burunawati, Juara 2 PAUD Lourdez (Tim 1), Juara 3 KB Handayani (Tim 2), Juara 4 PAUD Gunung Sinai Naikolan, juara 5 TK Petra Alak, juara 6 KB Sola Gratia, juara 7 PAUD Cahaya (Tim 1), juara 8 KB Efata Liliba, Juara 9 TK Kemala Bhayangkari. Para pemenang mendapatkan uang tunai dan piala penghargaan sebagai bentuk apresiasi pencapaian kerja sama dan kreativitas anak-anak dari tiap kelompok belajar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut France Abednego Tiran, SS, selaku Kepala Bidang Perlindungan Khusus Anak Dinas P3AP2KB Provinsi NTT, dan para perwakilan dari beberapa Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

Salam BERLIAN – Bersama Lindungi Anak

#kemenpppaRI
#deputibidangperlindungankhususanak
#deputipemenuhanhakanak
#dp3ap2kbprovinsintt
#dinaspdankprovinsintt
#pokjabundapaudntt
#pppaudntt
#marilindungianak
#menujuindonesiaemas
#MC_F@T
Bagikan kepada..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *